Perpustakaan Fakultas Hukum UNPAD | Visi, Misi, Strategi dan Fungsi
1933

Visi, Misi, Strategi dan Fungsi

Visi Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja 

Menjadi Pusat Unggulan Informa Ilmiah di Bidang Hukum dalam Pencapaian Visi Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

Misi Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja
  1. Menyediakan sumber-sumber informasi di bidang hukum bagi sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dan masyarakat
  2. Mengembangkan koleksi yang didasarkan pada perkembangan ilmu hukum
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi
  4. Menyelenggarakan proses pengolahan, perawatan dan pengelolaan Perpustakaan
  5. Menyediakan tenaga-tenaga Perpustakaan yang professional yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan mampu menggunakan teknolohi guna meningkatan pelayanan dan arus informasi hukum
  6. Mengembankan sarana dan prasarana yang memadai untuk kenyamanan pengguna
  7. Membantu dan mendorong para sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran meraih kemampuan tertinggi di bidang ilmu hukum
  8. Memberikan sumbangan bagi pemajuan ilmu hukum
  9. Memberikan sumbangan bagi peningkatan pengajaran, penelitian dan pengadian masyarakat
Tiga pilar strategis Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja adalah

–          Staf

–          Pelayanan prima

–          Koleksi

Secara bersama-sama, ketiganya bekerja dan berfungsi untuk menciptakan sebuah lingkungan Perpustakaan yang nyaman.

  1. Sumber Informasi

Perpustakaan berfungsi sebagai tempat menyimpan karya manusia, khususnya karya cetak seperti buku, majalah, dan sejenisnya serta karya rekam.

  1. Sarana Pendidikan dan Pembelajaran

Perpustakaan merupakan sarana pendidikan formal dan non-formal. Meskipun Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja secara utama  diperuntukkan bagi bagi sivitas akademika FH Unpad, namun masyarakat luar kampus juga dapat memanfaatkan koleksi Perpustakaan untuk sarana pendidikan dan pembelajaran

  1. Penelitian

Perpustakaan sebagai penunjang kegiatan penelitian dalam rangka fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi. Perpustakaan menjadi sumber informasi yang menjadi acuan dalam mencari literature

  1. Pengabdian Masyaraka

Perpustakaan menjadi sarana pendukung dalam pelaksanaan salah satu fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi

  1. Sebagai Pusat Dokumentasi dan Repositori Fakultas Hukum

Perpustakaan menjadi tempat menyimpan karya-karya ilmiah sivitas akademika Fakulotas Hukum Universitas Padjadjaran

 

Perpustakaan Fakltas Hukum dibentuk seiring dengan berdirinya Fakultas Hukum Unpad pada tahun 1957. Pada awalnya perpustakaan ini terletak di Jalan Imam Bonjol No. 21 Bandung dan sejak tahun 2008 nemepati lantai 2 dan 3 Gedung Mochtar Kusumaatmadja di Kampus Jalan Dipati Ukur.

Pada awal tahun 2009 Gedung Gedung Mochtar Kusumaatmadja diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, pada tanggal 27 Januari 2009.

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H.,LL.M, sebagai seorang tokoh pendidik dan negarawan yang telah memberikan sumbangan luar biasa bagi pendidikan tinggi hukum di Indonesia. 

Gedung perpustakaan ini merupakan sebuah dedikasi yang ditujukan untuk Rektor kelima Unpad, Selian itu, pendirian perpustakaan ini merefleksikan pendirian Prof. Mochtar yang menyadari betapa pentingnya perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi.

Bangunan perpustakaan terdiri dari empat lantai berdesain minimalis kontemporer, dibangun di atas lahan seluas 550 meter persegi dengan luas bangunan 2.200 meter persegi. Gedung perpustakaan ini diharapkan dapat memenuhi amanat Pasal 3 Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, yaitu dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian dan informasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

 

Peresmian gedung ini dihadiri langsung oleh Prof. Mochtar Kusumaatmadja serta beberapa pejabat Unpad, diantaranya Warek Bidang Akademik, Prof. Dr. Husein Hernandi Bahti, WarekBidang Kemahasiswaan, Trias Nugrahadi, dr.,Sp.KN, Warek Bidang Kerjasama Prof.Dr. Tb. Zulriska Iskandar, S.Psi.,M.Sc., Warek Bidang Perencanaan Sistem Informasi dan Pengawasan, Prof.Ir. Tarkus Suganda, M.Sc.,Ph.D, Sekretaris Senat Prof.Dr. Johan S. Masjhur, Sp.KN.

Hadir pula beberapa tamu undangan lainnya, Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Walikota Cimahi Ir.HM. Itoc Tochija, MM., Kepala Percetakan Negara RI Dr. Subrata, Rektor ke-8 Unpad, Prof.Dr.H.A, Himendra W., dr.,Sp.An.,KIC.,KNA, juga Dekan Fakultas Hukum Prof..Dr.H. Ahmad M. Ramli, S.H.,M.H.

 

Dekan Fakultas Hukum Unpad, Prof..Dr.H. Ahmad M. Ramli, S.H.,M.H., dalam sambutannya menjelaskan dana pembangunan gedung perpustakaan ini berasal dari dana pengembangan mahasiswa dengan nilai sekira Rp. 7 milyar, Prof. Ramli mengakui Fakultas Hukum sangat bangga dengan diresmikannya gedung ini. Ia juga menambahkan, dedikasi yang telah diberikan oleh Prof Mochtar telah memberikan motivasi terwujudnya pembangunan gedung ini.

Sebagai ungkapan terimakasih kepada keluarga besar Unpad, Prof. Armida Alisjahbana mewakili Prof. Mochtar mengatakan sangat bersyukur dan berterimaksih atas penghargaan dan perhatian yang telah diberikan atas terwujudnya gedung perpustakaan ini. 

“Semoga perpustakaan ini dapat digunkan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi generasi mendatang” papar Prof. Armida.

Pada decade 1960 sampai tahun 2008 perpustakaan ini  bertempat di Jalan Imam Bonjol No. 21 Bandung yang sebelumnya bernama “Perpustakaan Fakultas Hukum Unpad”, menempati tanah seluas kurang lebih 600m2.

Pada saat itu, perpustakaan Fakultas Hukum menggunakan dua sistem, yaitu Closed System pada bagian sirkulasi dimana pengguna tidak diijinkan mengambil buku sendiri tetapi meminta petugas untuk mengambilkan buku yang akan dipinjam, sedangkan pada bagian referensi menggunkan sistem Open Access penggunakan mengambil sendiri buku yang akan dibacanya.

Sistem klasifikasi yangdigunakan adalah sistem H yang berarti ‘Hukum’ yang dimodifikasi dengan nomor klasifikasi berdasarkan subyek. Penomoran ini didasarkan pada sistem yang digunakan oleh Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN), sistem ini atas anjuran Prof. Dr. Sunarjati Hartono, S.H. agar sejalan dengan sistem yang berlaku universal.

Pada tahun 1999 sistem penomoran tersebut tidak lagi digunakan, penomoran tersebut diubah dengan menggunakan sistem Dewey Decimal Classification (DDC) oleh Prof.. Bagir Manan, S.H., MCL, yang pada saat itu ditunjuk sebagai Ketua Pengembangan Perpustakaan Fakultas Hukum oleh Dekan yang dijabat oleh Prof.Dr. Mieke Komar, S.H.,MCL.

sampai saai ini Perpustakaan Fakultas Hukum Unpad sudah memiliki beberapa pimpinan atau Kepala Perpustatakaan, yaitu yang pertama adalah Ibu Idawati Syahrudin, S.H. (1957 – 1976), dilanjutkan oleh Ibu Dra Heny Purakusuma (1976 – 1982), pimpinan ketiga Ibu Dr. Hj. Tenne Rustini, S.H.,M.H.  (1982 – 1985), pada tahun 1986 Ibu Dra Ati Murniati yang merupakan Sarjana Perpustakaan menjabat sebagai kepala sampai dengan tahun 1992, berhubung beliau menjadi Kepala Perpustakaan Pusat Unpad, Ibu Ati digantikan oleh Bapak Nandang sebagai Kepala Urusan Perpustakaan (1992 – 2002), dan dilanjutkan oleh Ibu Yenni Yunianingsih sampai dengan tahun 2008.

Pada tahun 2008 Perpustakaan Hukum Unpad berganti nama menjadi ‘Perpustakaan Hukum Mochtar Kusumaatmadja’ dan dipimpin oleh Bapak Prof. Huala Adolf, S.H.,LLM., Ph.D (2008 – 2010), tetapi karena beliau diangkat menjadi Kepala Program Studi S3 dan kesibukannya beliau digantikan oleh Ibu Ibu DR.Hj. Lastuti Abubakar yang juga Pembantu Dekan I.

Selanjutnya pada tahun 2011 sampai sekarang Perpustakaan dipimpin oleh Ibu Susi Dwi Harijanti, S.H., LLM.,Ph.D.  Dibawah kepemiminan Ibu Susi banyak program diterapkan demi kemajuan Perpustakaan.